Concow2's Blog

inspirasi tempat nongkrong kita semua

PEKAN KEBUDAYAAN ACEH

PKA

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) digagas oleh H. Ali Hasymi Mantan Gubernur Aceh. Pekan Kebudayaan Aceh pertama diselenggarakan tahun 1958, kemudian disusul Pekan Kebudayaan Aceh kedua dan ketiga tahun 1972 dan 1988. Sedangkan Pekan Kebudayaan Aceh keempat diselenggarakan pada 19-28 Agustus 2004. Setelah lima tahun berlalu, Pekan Kebudayaan Aceh kelima akan dilaksanakan pada 2-11 Agustus 2009.

Jauh-jauh hari Gaung Pekan kebudayaan Aceh sudah terdengar dimana-mana, keseluruh penjuru Banda Aceh dan sekitarnya sudah terpampang spanduk dan baliho mempromosikan even lima tahunan tersebut. Sepanjang jalan terlihat umbul-umbul berwarna-warni menambah semaraknya perhelatan akbar tersebut.

Pemerintah Aceh menggelar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-5. Berbagai kegiatan antara lain parade budaya, gebyar seni, seminar budaya, aneka lomba seni dan permainan rakyat, serta Aceh Expo untuk mempromosikan dan memasarkan paket wisata Aceh akan menyemarakan PKA V. Menurut rencana Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka PKA V yang dipusatkan di Taman Sulthanah Shafiatuddin Banda Aceh pada hari Minggu, sedangkan acara penutupan akan berlangsung Selasa malam. Wakil Gubernur Aceh, Sekaligus ketua panitia PKA, Muhammad Nazar saat meninjau arena PKA, mengatakan kesiapan pelaksanaan sudah maksimal.

PKA akan menampilkan beragam kebudayaan Aceh yang dipadu dengan berbagai kegiatan, di antaranya adalah pawai budaya, seminar budaya, gebyar seni dan lomba, permainan rakyat, atraksi budaya, pameran seni rupa dan panggung sastra perahu.

Pesertanya selain pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Aceh, sejumlah provinsi di Indonesia juga telah menyatakan kesediaannya ikut serta meramaikan stand, seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sembilan negara juga ikut dalam PKA Aceh. Negara itu adalah Malaysia, China, Korea Selatan, Austria, Jerman, Perancis, Italia, Turki dan Portugal. Mereka nantinya akan membuka stand dengan menampilkan budaya di negaranya serta pameran lukisan dan karya sastra lainnya

Masyarakat Aceh memiliki keistimewaan dalam agama, pendidikan, adat-istiadat serta peran ulama. Adat-istiadat telah memberikan sumbangan yang tidak ternilai harganya terhadap kelangsungan kehidupan sosial budaya masyarakat di Aceh. Hal ini terlihat dalam ungkapan; Matee aneuk meupat jeurat, gadoh adat pat tamita (Mati anak tahu makamnya, hilang adat di mana dicari). Usaha pelestarian adat-istiadat terus di tingkat Provinsi Aceh terus ditingkatkan melalui Perda No.2/1990 yang mengatur pembinaan dan pengembangan adat-istiadat, kebiasaan masyarakat, serta lembaga adat.

Rangkaian kegiatan dalam Pekan Kebudayaan Aceh diawali dengan pawai kebudayaan menampilkan beraneka ragam kebudayaan unggulan dari berbagai daerah di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Menampilkan berbagai macam seni tari tarian; Tari Saman, Ranup Lampuan, kesenian Debus, dan lain-lain. Juga menampilkan berbagai hasil unggulan daerah Seperti Daerah Simelue yang menampilkan Lobster raksasa, Daerah aceh Selatan, Tapak Tuan yang menampilkan Naga yang merupakan Legenda Daerah dari Tapak Tuan. Sedangkan Kota Sabang menampilkan Produk unggulan Gurita. Serta banyak lagi produk unggulan daerah yang ditampilkan.

karnaval pekan kebudayaankarnaval pekan kebudayaan acehtarian aceharak-arakan sepedakontingen aceh selatan

pasangan karnavalmusik karnavalpenunggang gajah

Sumber:

TEMPO Interaktif, Banda Aceh

ANTARANEWS, indonesia, one click away!

MelayuOnline.com

Agustus 4, 2009 - Posted by | Budaya | ,

1 Komentar »

  1. Aceh memang luar biasa…. dengan budaya yang luar biasa pula… sayang sekali saya belum bisa kesana cuma bisa membaca ceritanya saja….
    Info yang sangat menarik dan membangun ….. trim’s

    Komentar oleh Pendidikan Indonesia | Agustus 5, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: